Home » Artikel Kesehatan » Faktor Resiko Terkena Penyakit Kanker Usus Besar

Faktor Resiko Terkena Penyakit Kanker Usus Besar

Faktor Resiko Terkena Penyakit Kanker Usus Besar – Banyak sekali faktor pemicu terjadinya Terkena Penyakit Kanker Usus Besar, di bawah ini adalah Faktor Resiko Terkena Penyakit Kanker Usus Besar yang umumnya terjadi, Mungkin anda bisa membaca juga artikel Penyebab dan Gejala Penyakit Kanker Usus dan Download Contoh Makalah Penyakit Kanker Usus

Faktor Resiko Terkena Penyakit Kanker Usus Besar

  • Umur. Seiring dengan bertambahnya umur maka resiko berkembangnya kanker usus besar meningkat. kanker usus besar lebih banyak terjadi pada orang yang berusia lebih dari 50 tahun, namun saat ini juga bisa terjadi pada yang usianya lebih muda.
  • Ras dan suku. Ras Afrika Amerika lebih beresiko berkembang kanker usus besar daripada ras lainnya, meskipun tidak diperoleh jawaban yang jelas mengapa hal ini terjadi. Jew Ashkenazi (keturunan Jews Eropa) juga memiliki resiko yang tinggi bagi perkembangan usus besar. Beberapa mutasi genetik ditemukan pada jews Ashkenazi, yang merupakan gejala terbesar meningkatnya resiko.
  • Riwayat Keluarga. Jika anda memiliki riwayat keluarga yang mengalami kanker usus besar, anda kemungkinan memiliki resiko yang lebih besar bagi berkembangnya kanker usus besar juga.
  • Riwayat kesehatan. Polips bisa menjadi salah satu factor resiko kanker usus besar. Polip adalah suatu pertumbuhan massa di usus besar. Sebanyak 70-90% kasus kanker usus besar berasal dari polip, dan mengangkat (operasi) polip akan menurunkan resiko kanker usus besar. Namun pengangkatan polip belum lah berarti kita sudah terbebas dari kanker usus besar karena polip ini bisa tumbuh kembali. Cara yang paling baik dalam mengatasi permasalahan ini adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan usus besar. Kemungkinan yang lain adalah terjadinya pembengkakan saluran cerna (inflammatory bowel disease), suatu kondisi yang dapat menyebabkan usus besar menjadi inflamasi.
  • Genetik. Ada dua jenis gen yang paling umum terkait dengan peningkatan resiko kanker yaitu Familial Adenomatous (FAP) dan Hereditary Non-Polyposis Colon Cancer (HNPCC). Sekitar 5% kasus kanker usus besar disebabkan karena gen ini. Sindrom yang lain adalah Peutz-Jeghers, namun jumlahnya lebih kecil dalam menyebabkan kanker usus besar.
  • Faktor resiko lainnya. Ada beberapa factor resiko lain yang memicu kanker usus besar seperti merokok, alcohol, tingkat aktivitas fisik, kegemukan dan diabetes tipe 2

Demikain 6 Faktor Resiko Terkena Penyakit Kanker Usus Besar  yang umum terjadi, semoga kita lebih mengerti dan memahami hal yang berkaitan dengan Penyakit Kanker Usus Besar.

Artikel yang banyak dicari: