Home » Kuliah » Keperawatan » Asuhan Keperawatan Gagal Ginjal Kronis

Asuhan Keperawatan Gagal Ginjal Kronis

Asuhan Keperawatan Gagal Ginjal KronisSebelum anda membaca tentang Asuhan Keperawatan Gagal Ginjal Kronis, mungkin anda perlu membaca asuhan keperawatan yang berkaitan dengan artikel ini yaitu: Asuhan Keperawatan Gagal Ginjal Akut.

gagal ginjal kronis

Apa yang di maksud Gagal Ginjal Kronis? Gagal Ginjal Kronis merupakan kerusakan nephron pada kedua ginjal yang bersifat progresif dan irreversible. Dimana tubuh gagal mempertahankan metabolisme dan keseimbangan cairan dan elektrolit, menyebabkan uremia (retensi urea dan sampah nitrogen lain dalam darah). Ini dapat disebabkan oleh penyakit sistemk seperti diabetes melius, glomerulonephritis kronik, pyelonephritis, hipertensi yang tidak terkontrol, obstruksi saluran kemih, lesi herediter, infeksi, obat atau bahan toksik lainnya. Lingkungan dan agen yang berbahaya yang emmpengaruhi gagal ginjal kronik mencakup timah, merkuri, dan kromium.

Manifestasi klnik Keperawatan Gagal Ginjal Kronis

Akibat gangguan fungsi ginjal, maka seluruh fungsi organ tubuh juga ikut terganggu. Manifestasi klinik terjadi sebagai akibat adanya berbagai subtansi termasuk ureum, kreatinin, phenol, hormon, elektrolit, air, dan berbagai subtansi lain. Uremia adalah sindroma yang mempengaruhi berbagai sistem tubuh pada pasien GGK.

Penatalaksanaan medik Gagal Ginjal Kronis

Pengobatan konservatif dilakukan bukan untuk pengobatan penyakit tetapi untuk menghambat perkembangan penyakit. Ada 5 tujuan menanganan medik pada pasien GGK :

  1. Mempertahankan fungsi ginjal.
  2. Menghindari/menunda dilakukan dilakukan dialisa atau transplantasi sejauhmemungkinkan.
  3. Mempertahankan zat kimia tubuh
  4. Manangani berbagai gejala
  5. berikan kualitas hidup yang optimal pada pasien dan keluarganya.

Diagnosa Keperawatan Gagal Ginjal Kronis

  1. Volume cairan berlebihan berhubungan dengan ketidakmampuan ginjal mengeluarkan cairan, dialisis yang tidak adekuat, asupan cairan yang berlebihan yang ditandai dengan adanya edema, hipertensi, peningkatan berat badan, nafas pendek, edema paru.
  2. Gangguan nutrisi kurang dari kebutuhan berhubungan dengan membatasan nutrisi tertentu (terutama protein), nausea, muntah, anoreksia, stomatitis, dan gangguan metabolisme nutrisi yang ditandai dengan adanya nafsu makan menurun, kehilangan berat badan, gangguan keseimbangan elektrolit.

Asuhan Keperawatan di atas merupakan gambaran secara umum tentang Asuhan Keperawatan Gagal Ginjal Kronis, Untuk Lebih lengkapnya anda bisa download secara gratis Asuhan Keperawatan Gagal Ginjal Kronis di bawah ini, dan bisa anda gunakan sebagai penambah referensi anda.

download asuhan keperawatan Asuhan Keperawatan IntraventrikulerAsuhan Keperawatan Gagal Ginjal Kronis

Artikel yang banyak dicari: