Home » Kuliah » Keperawatan » Asuhan Keperawatan Gagal Ginjal Akut

Asuhan Keperawatan Gagal Ginjal Akut

Asuhan Keperawatan Gagal Ginjal Akut – Kita ketahui bersama bahwasannya Gagal Ginjal merupakan salah satu penyakit yang berbahaya bagi manusia. Gagal ginjal merupakan kerusakan berat atau kehilangan total dari fungsi ginjal. Gagal ginjal adalah ketidakmampuan ginjal mengeluarkan produk sisa metabolisme dan air, yang kemudian dapat menyebabkan gangguan fungsi pada seluruh sistem tubuh. Gagal ginjal diklasifikasikan menjadi akut dan kronik.

Gagal ginjal akut biasanya terjadi dengan cepat. Walaupun gagal ginjal akut potensi membaik kembali, namun angka kematian akibat gagal ginjal cukup tinggi dan memerlukan pengobatan lebih lanjut. Gagal ginjal kronik dan membahayakan dan harus dilakukan dialisis atau transplantasi guna memperpanjang harapan hidup.

Asuhan Keperawatan Gagal Ginjal Akut

Pengkajian Asuhan Keperawatan Gagal Ginjal Akut

Penting untuk memonitor tekanan darah, denyut nadi, frekuensi dan pola pernafasan, dan temperatur tubuh. Penampilan umum dikaji termasuk warna kulit, edema perifer, distensi vena leher, dan adanya luka.
Bila dilakukan hemodialisa, kaji pembuluh darah pada area HD kemungkinan adanya tanda inflamasi. Tingkat kesadaran perlu dikaji. Mukosa mulut apakah kering atau mengalami inflamasi. Paru harus diauskultasi adanya crackle atau ronchi. Bunyi jantung harus dimonitor akan adanya bunyi S3 dan murmur. Hasil EKG kemungkinan terjadi aritmia. Output urine termasuk volume, warna BD uirne, adanya darah, glukosa, sedimen dan protein.

Diagnosa Keperawatan Gagal Ginjal Akut

  1. Volume caian berlebihan berhubungan dengan gagal ginjal dan retensi cairan
  2. Risiko terjadinya infeksi berhubungan dengan tinfdakan invasif, keracunan ureum dan gangguan respon imun akibat gagal ginjal.
  3. Gangguan nutrisi ; Kurang dari kebutuhan berhubungan dengan gangguan metabolik dan pembatasan diet.
  4. Gangguan persepsi sensorik berhubungan dengan keracunan ureum dan gangguan keseimbangan cairan, elektrolit dan asam-basa.
  5. Gangguan proses berfikir berhubungan dengan pengaruh keracunan ureum pada sistem saraf pusat.
  6. Kerusakan itegritas kulit berhubungan dengan lokasi pemasangan HD atau peritonial dialisis dan gagal ginjal.
  7. Kelelahan berhubungan dengan anemia dan keracunan ureum.
  8. Kecemasan berhubungan dengan proses penyakit, tindakan prosedur.
  9. Risiko terjadinya komplikasi : hiperkalemia berhubungan penurunan pengeluaran kalium dari ginjal.
  10. Risiko komplikasi : Aritmia berhubungan dengan ketidakseimbangan elektrolit.

Asuhan Keperawatan di atas merupakan gambaran secara umum tentang Asuhan Keperawatan Gagal Ginjal Akut, Untuk Lebih lengkapnya anda bisa download secara gratis Asuhan Keperawatan Gagal Ginjal Akut di bawah ini, dan bisa anda gunakan sebagai penambah referensi anda.

download asuhan keperawatan Asuhan Keperawatan IntraventrikulerAsuhan Keperawatan Gagal Ginjal Akut

Artikel yang banyak dicari: